Beberapa hari belakangan, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan sebuah film dokumenter hasil anak negeri berjudul, Sexy Killers. Film dokumenter tersebut menceritakan bagaimana efek buruk dari perusahaan tambang batu bara untuk masyarakat yang ada di sekelilingnya.

Dan yang bikin memprihatinkan, perusahaan-perusahaan tambang tersebut dimiliki oleh beberapa elite politik Indonesia. Maka dari itu, film dokumenter Sexy Killers menjadi tranding yang banyak dibahas orang beberapa hari belakangan.

Begitu banyak pesan yang disampaikan dan bisa diambil setelah menonton Sexy Killers ini. Dan 5 pesan ini bisa membuatmu mulai mengubah diri dan berkontemplasi sekarang juga.

1. Mulai menghemat listrik

1. Mulai menghemat listrik Pixabay.com/ColiN00B

Tujuan adanya perusahaan tambang batu bara ialah untuk bisa menghasilkan listrik untuk masyarakat perkotaan. Akan tetapi, kamu tidak tahu begitu besar efek samping bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan perusahaan batu bara tersebut, mulai dari pencemaran udara, pergeseran tanah, dan hak tanah yang dirampas begitu saja.

Maka dari itu, kita sebagai pemakai listrik aktif, juga ikut andil dalam berdirinya perusahaan-perusahaan tambang yang ada di Indonesia. Jadi mulailah berpikir untuk tidak boros dalam penggunaan listrik, dan mulai berpikir, begitu banyak korban yang jatuh akibat berdirinya perusahaan tambang batu bara tersebut untuk menghasilkan listrik yang setiapnya hari kita pakai.

SPONSOR

2. Mulai mencintai alam

2. Mulai mencintai alam Pixabay.com/ejaugsburg

Setiap berdirinya perusahaan tambang batu bara, pasti akan mengkorbankan sebuah wilayah untuk digali tanahnya untuk mendapatkan hasil batu baranya. Dan bayangkan ada berapa banyak titik tanah yang digali di setiap wilayahnya, yang lama-kelamaan tanah menjadi ambruk dan merugikan masyarakat yang ada di sekitarnya. Belum lagi jangkar kapal yang membawa hasil batu bara yang merusak kehidupan laut di bawahnya.

Maka dari itu, mulailah mencintai alam, dengan menanam pohon dan terumbu karang. Karena alam Indonesia semakin kesini semakin rusak, dan sangat berbahaya untuk kedepannya.

3. Sedikit-sedikit mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga surya

3. Sedikit-sedikit mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga surya Pixabay.com/ulleo

Di film Sexy Killers tersebut, beberapa orang di Bali telah membangun pembangkit listrik tenaga surya. Ya, walaupun biayanya jauh lebih mahal dibandingkan batu bara, akan tetapi ini tidak merugakan orang lain yang ada di sekitarnya, dan juga ramah lingkungan.

Kalau kamu benar-benar tersentuh setelah menonton film ini, dan berniat untuk memakai listrik tenaga surya, cobalah menerapkannya. Karena kalau kamu memulai, dan orang lain pun akan mengikuti dan pada akhirnya seluruh masyarakat Indonesia mulai menggunakan pembangkit listrik ramah lingkungan tersebut.

4. Kamu bisa berkontribusi buat Indonesia dengan membuat film dokumenter

4. Kamu bisa berkontribusi buat Indonesia dengan membuat film dokumenter Pixabay.com/maxmann

Apabila kamu ingin berkontribusi buat Indonesia, janganlah berpikir yang jauh-jauh terlebih dahulu. Dari film ini kita belajar, bahwa kita pun bisa berkontribusi buat Indonesia dengan cara menghasilkan film dokumenter.

Ketika kamu ada keresahan, cobalah angkat keresahan tersebut menjadi sebuah karya yang sangat positif. Bukan berarti menghasilkan film dokumenter merupakan hal yang mudah, begitu banyak perjuangan dan kerja keras dalam meliput dan observasi langsung tema yang akan diambil. Akan tetapi dengan adanya tim yang kompak dan benar-benar serius, tidak ada kata tak mungkin untuk kamu menghasilkan film dokumenter seperti Sexy Killers ini.

5. Bahwa di balik perusahaan tambang batu bara, ada elite politik Indonesia di belakangnya

5. Bahwa di balik perusahaan tambang batu bara, ada elite politik Indonesia di belakangnya Pixabay.com/keesstes

Ya, hal inilah menjadi kontroversial yang membuat masyarakat memutuskan untuk golput untuk pemilu semalam. Karena eliter politik Indonesialah dalang dari berdirinya perusahaan-perusahaan tambang batu bara yang banyak merugikan masyarakat yang ada di sekelilingnya.

Akan tetapi bukan seutuhnya salah mereka, walaupun tambang batu bara ditutup, kita pun tidak bisa lagi memakai listrik setiap harinya. Inilah yang menjadi kesalah kita semua sebagai bangsa Indonesia, karena ada efek samping dari pemakaian listrik tersebut.

Itulah 5 pesan yang bisa kita ambil dari film dokumenter, Sexy Killers.

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini