Stan Lee adalah Penulis komik dan produser film terkenal karena menciptakan pahlawan super ikonik seperti Spider-Man, Hulk, X-Men, dan Black Panther.

Lee dilarikan ke rumah sakit dari rumahnya di Los Angeles pada dini hari, Variety melaporkan. Penyebab kematiannya tidak dirilis. Namun humas Lee, Dawn Miller, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada BuzzFeed News bahwa dia adalah “karakter luar biasa yang tidak akan pernah terlupakan.

SPONSOR

Dia membawa sukacita bagi banyak orang, dunia telah kehilangan legenda sejati,

Saya merasa terhormat telah bekerja dengannya selama bertahun-tahun, semoga dia beristirahat dalam damai.” kata Miller. (Amiin..)

Selama delapan dasawarsa karirnya, Lee adalah seorang pelopor fandom geek, menciptakan daftar panjang karakter buku komik yang dicintai di Marvel Universe, termasuk Spider-Man, Fantastic Four, Iron Man, X-Men, Hulk , Thor, Black Panther, Daredevil, Doctor Strange, dan Ant-Man.

Pada tahun 2008, Lee dihormati sebagai “salah satu pendongeng paling produktif di Amerika” oleh presiden George W. Bush, yang menghadiahinya National Medal of Arts. “Plot kompleks dan pahlawan manusiawi yang bersuka ria merayakan keberanian, kejujuran, dan pentingnya membantu yang kurang beruntung, mencerminkan kebaikan yang melekat di Amerika,” kata Gedung Putih dalam memberikan kehormatan kepadanya.

Lee pada tahun 2008 dengan presiden George W. Bush saat itu.

Lee pada tahun 2008 dengan presiden George W. Bush saat itu. Gambar : Mark Wilson / Getty Images

Lahir dengan nama Stanley Martin Lieber pada 28 Desember 1922, Lee adalah putra dari dua imigran Rumania-Yahudi, Celia dan Jack Lieber, di New York City. Dia memiliki satu saudara laki-laki, Larry Lieber, yang juga seorang seniman buku komik dan co-made Iron Man, Thor, dan Ant-Man bersama dengan Lee.

Lee menunjukkan minat pada komik di usia muda. Ketika dia baru berusia 17 tahun, dia mulai bekerja di Publikasi Tepat Waktu, yang akhirnya akan disebut Marvel. (Pemilik kemudian Martin Goodman adalah sepupu Lee melalui pernikahan.) Kisah superhero pertama yang Lee tulis adalah Captain America No. 3. Pada usia 19 tahun, dia bertindak sebagai kepala editor Publikasi Tepat Waktu.

Berbicara kepada NPR tentang proses kreatifnya pada tahun 2010, Lee mengatakan ia ingin menekankan kemanusiaan dalam superhero-nya, bukan hanya berfokus pada pertempuran fisik yang mereka hadapi.

Saya mencoba untuk membuat mereka jenis komik yang saya ingin baca jika saya membaca komik. Dan saya hanya bosan dengan ide lama yang sama bahwa semua yang Anda butuhkan adalah banyak orang yang saling berkelahi dan itu yang akan pembaca dapatkan.

Saya merasa akan menyenangkan untuk belajar sedikit tentang kehidupan pribadi mereka, tentang kepribadian mereka dan menunjukkan bahwa mereka adalah manusia dan juga super.” katanya.

Lee pada tahun 1976 mengawasi edisi Spider-Man.

Lee pada tahun 1976 mengawasi edisi Spider-Man. Gambar : AP

Lee diakui untuk karyanya dengan induksi ke Will Eisner Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Fame pada tahun 1995, dua penghargaan penting dalam industri buku komik.

Komik pemenang penghargaannya akhirnya dihidupkan di layar lebar saat film-film superhero mulai mendominasi di box office, menarik Lee dan Marvel untuk generasi penggemar baru. Lee menjabat sebagai produser eksekutif di banyak film berdasarkan komik aslinya. Dia bahkan muncul di beberapa film, membuat akting cemerlang dalam film seperti X-Men (2000), Spider-Man (2002), Iron Man (2008), The Avengers (2012), Guardians of the Galaxy (2014), Deadpool (2016), dan Black Panther (2018).

Disney membeli Marvel Entertainment pada tahun 2009 seharga $ 4 miliar. Pada tahun-tahun sesudahnya, perusahaan telah meraup $ 21,3 milyar hanya di film Marvel, tetapi Lee hanya membuat sebagian kecil dari itu karena, meskipun dia menciptakan karakter dan kisah mereka, hak sepenuhnya milik Marvel.

Tidak sampai di kemudian hari bahwa Lee secara terbuka mengatakan dia menyesal tidak menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik untuk dirinya sendiri.

Aku bodoh dengan cara bisnis,“,  “Aku seharusnya lebih tamak.Kata lee.

Lee pada 2018 dengan bintang Black Panther Chadwick Boseman.

Lee pada 2018 dengan bintang Black Panther Chadwick Boseman. Gambar : Chris Pizzello / AP

Terlepas dari usianya, Lee tidak pernah melambat secara profesional dan terus berusaha membuat konten hiburan. Pada tahun 2001, ia mendirikan perusahaan produksi media POW! Entertainment (Purveyors of Wonder) , dan pada tahun 2011 ia mendirikan Comikaze Expo, yang sekarang disebut Stan Lee Los Angeles Comic Con, konvensi budaya pop multimedia pertama di kota itu. Lee menyebut pensiun sebagai “kata kotor.

Saya suka apa yang saya lakukan. Jika saya harus melakukan hal lain, saya akan sengsara,” 

Jika saya tidak masuk ke kantor dan bekerja dengan orang-orang di sini, saya akan duduk di rumah, menonton televisi.” katanya kepada Variety.

Shane Duffy, CEO POW! Entertainment mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaan itu sedih dengan hilangnya “teman dan mentor kami, Stan Lee, ayah dari budaya pop.

Kepergiannya hari ini menandai momen yang menghancurkan dan menyakitkan pada waktunya, tetapi warisan dari Stan Lee, melalui jenius kreatifnya dan alam semesta karakternya, akan terus mencapai dunia untuk generasi yang akan datang,“

” Pikiran kita dan doa bersama keluarganya dan para penggemar tidak hanya karyanya, tetapi juga dia, sebagai teman yang menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik. Dia adalah pelopor ikonik yang benar-benar tidak ada bandingannya. Sudah suatu kehormatan untuk bekerja di sampingnya.”  tambah Duffy.

Tapi tahun-tahun terakhirnya terlibat dalam masalah hukum, termasuk gugatan yang dia ajukan terhadap POW! executives pada tahun 2017 untuk dugaan penipuan yang dijatuhkan beberapa hari kemudian. Seorang rekan Lee juga dituduh mencoba melakukan penyalahgunaan keuangan tua terhadap legenda komik dan mengambil keuntungan dari tanahnya yang luas, mendorong perintah penahanan.

Selain konvensi sendiri, Lee memiliki ketertarikan khusus untuk para penggemarnya dan secara konsisten muncul di konferensi Comic-Con di kota-kota seperti San Diego, New York, dan Boston, tempat para penggemar berkumpul untuk merayakan pahlawan super favorit mereka. “Kamu tahu ketika mereka berkata, ‘Bisakah kamu berfoto denganku,’ atau menjabat tanganku atau sesuatu? Ini adalah perasaan yang luar biasa bahwa orang benar-benar peduli. Ya,” katanya kepada CBS News pada Tahun 2016 lalu.

Penggemar yang sama di seluruh dunia ini akan mengingat Lee karena menciptakan pahlawan super favorit mereka dan, pada gilirannya, berdampak pada kehidupan mereka.

Selama bertahun-tahun, anak-anak bertanya kepada saya apa adidaya terbesar di dunia ini,” Lee pernah berkata ketika melihat kembali ke warisannya. “Aku selalu mengatakan keberuntungan. Jika kamu beruntung, semuanya bekerja. Aku beruntung.

Meskipun kemajuan teknologi saat ini begitu pesat, akan tetapi Lee juga tetap sangat percaya pada media buku komik untuk kedepannya.

Saya bukan nabi, tapi saya menduga bahwa buku komik akan selalu kuat,

Saya tidak berpikir apa pun dapat benar-benar mengalahkan kesenangan dan kesenangan murni memegang sebuah majalah di tangan Anda, membaca cerita di atas kertas, dapat menggulungnya dan memasukkannya ke dalam saku Anda, membaca ulang lagi nanti, menunjukkannya kepada seorang teman, membawanya bersama Anda, melemparkannya ke rak, mengumpulkannya, memiliki banyak majalah yang berbaris dan membacanya lagi sebagai Buku-buku ber-seri

Saya pikir anak-anak muda selalu menyukai itu, Aku pikir mereka akan selalu begitu.“ katanya kepada Adweek pada tahun 2000.

Pengacara Lee Tom Lallas yang bekerja dengannya selama bertahun-tahun merilis pernyataan ini setelah mendengar berita:

Stan Lee, selamanya akan menjadi, ikon Amerika. Semua penggemar superhero di seluruh dunia berduka atas kematiannya. Tidak akan pernah ada lagi yang seperti dia. Sejak kematian istri tercintanya, Joan pada 6 Juli 2017, keinginannya yang paling kuat adalah untuk bergabung dengannya. Semoga mereka saling tua dalam pelukan bahagia dan hangat cinta mereka untuk keabadian.

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini