Tahukah kamu bahwa Pura ini juga dikenal sebagai Pura Sad Kayangan, oleh masyarakat lokal Bali dianggap sebagai penyangga 9 mata angin.

Pura Uluwatu, bagi kamu yang ingin menikmati suasana pura di Bali, selain pura besakih. Kamu juga dapat mengunjungi Pura Uluwatu yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Pura uluwatu juga menjadi favorit oleh wisatawan lokal maupun asing di Bali.

Selain itu, Pura Uluwatu merupakan lokasi pemujaan oleh Empu Kuturan. Pura ini juga menjadi lokasi peribadatan bagi agama Hindu di Bali yang dimana mayoritas agama masyarakatnya. Pura ini akan cocok buat kamu yang ingin mengeksplore berbagai kebudayaan khas Bali. Dengan berbagai peninggalan sejarah yang dimilki, Pura Uluwatu akan membawamu merasakan sejarah di Bali.

Lokasi dan Rute Menuju Pura Uluwatu :

Lokasi dan Rute Menuju Pura Uluwatu : Lanskap Pura Uluwati di Bali dari Ketinggian (Foto: Shutter Stock)

Pura Uluwatu adalah satu dari sekian banyak pura yang tersebar di Pulau Dewata, Bali. Pura yang juga kerap disapa Pura Luwur ini berada di Desa Pecatu, Kecamatan Badung

Sebelum kamu berangkat ke Pura Uluwatu, tentu saja kamu perlu tahu lokasi pura ini berada agar kamu tidak tersesat. Pura uluwatu terletak di Desa Pecatu – yang merupakan bagian dari Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Kamu akan menempuh sekitar 1 jam perjalanan ke Pura Uluwatu dari Bandara Ngurah Rai dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati tempat wisata lainnya di sekitar Pura Uluwatu yang akan membuatmu semakin betah berpetualang.

Kamu bisa menuju ke Pura Uluwatu melaluji jalan Raya Uluwatu dengan jarak sekitar 29.3 km atau sekitar 1 jam 7 menit waktu perjalanan. Untuk menemukan rute tercepat, kamu dapat menggunakan peta pada handphone kamu dan menemukan berbagai arah terdekat.

SPONSOR

Pura Uluwatu dengan Latar Belakang Langit Sore (Foto: Shutter Stock)

Pura Uluwatu diyakini oleh masyarakat Hindu Bali sebagai salah satu pura Khayangan Jagat atau penyangga dari sembilan mata angin Pulau Bali.

tebing indah di uluwatu

Pura Uluwatu Berhadapan dengan Laut Lepas (Foto: Shutter Stock)

Ya, pura ini berada di sebuah tebing dengan tinggi sekitar 97 mdpl dan menjorok ke arah pantai. Tak heran, untuk mencapai pura unik yang menghadap ke arah timur ini pengunjung harus berjalan mendaki tangga batu yang cukup tinggi.

Kamu juga bisa menyusuri pinggiran tebing yang memukau, bukankah pemandangan di ujung tebing sangat menakjubkan? Kamu dapat mengabdikan berbagai momen dengan kamera favorit mu. Dengan melihat sapuan ombak, matahari terbenam dan pemandangan alam lainnya.

Panorama Mentari Hendak Terbenam di Pura Uluwatu (Foto: Shutter Stock)

Dengan lokasinya yang langsung menghadap ke perairan lepas membuat Pura Uluwatu menawarkan pemandangan eksotis yang mampu memikat hati wisatawan dalam maupun luar negeri.

Pertunjukan Tari Kecak di Pura Uluwatu, Bali (Foto: Shutter Stock)

Selain itu, daya tarik lain yang dimiliki Pura Uluwatu yakni pengunjung bisa menikmati Tari Kecak dengan latar belakang sunset yang indah nan memukau.

Selain menonton tari kecak, kamu bisa sekalian menikmati sunset yang indah. Karena lokasi pertunjukan yang dekat dekat ujung tebing yang akan memudahkan mu untuk menikmati berbagai macam hal sambil menonton pertunjukan tari kecak.

Daya Tarik dan Aktivitas Menarik

Nah, ada banyak daya tarik di Pura Uluwatu buat kamu nikmati selagi berada di Bali. Pura ini menarik kamu dengan sejuta pesonanya yang tentu saja tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Selain itu, ternyata pura ini terletak di atas batu karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut, kurang lebih. Hal ini juga yang menjadikan pura ini diberi nama Uluwatu atau puncak batu karang dalam bahasa sansekerta.

Berikut ini, beberapa daya tarik Pura Uluwatu yang dapat kamu nikmati sebelum meninggalkan Pura Uluwatu.

  • Pura Di Bali yang Disucikan dan Sakral – karena awalnya pura ini dijadikan tempat pemujaan empu kuturan. Nah, Empu Kuturan ini lah orang yang menurukan ajaran desa adat dengan semua aturannya. Setelah itu, datanglah Dang Hyang Niratha, beliau adalah seorang pendeta. Pura ini kemudian dijadikan tempat pemujaan pendeta suci itu, teman-teman. Nah, inilah mengapa pura ini begitu disucikan dan disakralkan dengan segala ritualnya.
  • Pura yang sangat eksotis – bagaimana bisa pura yang suci dan sacral bisa begitu eksotis? Tentu saja bisa. Karena pura ini akan menunjukkan sisi romantic dan eksotis dari keindahan alam yang dimilikinya. Kamu akan melihat pemandangan samudera india yang luas. Menakjubkan, bukan? Kamu juga dapat emnikmati hamparan ombak yang menenangkan di bawah tebing.
  • Tempat Sunset yang menarik – karena posisi pura ini yang barada di atas tebing, bukankah menarik jika dapat melihat sunset dari atas tebing? Kamu bisa melihat panorama matahari terbenam tanpa halangan apapun. Ini juga akan cocok buat koleksi foto kamu, loh.
  • Tempat Surfing yang terkenal – selain dapat menikmati sunset, ternyata kamu juga dapat melihat sebagian orang surfing di bawahnya. Dengan ombak samudera hindia yang kuat dan berarus tinggi, ini akan cocok buat kamu melakukan olahraga surfing. Dan juga ini sudah menjadi tempat favorite selain Pantai di Bali bagi wisatawan dan dijadikan sebagai tempat kejuaraan selancar internasional.
  • Pertunjukan Tari Kecak – inilah yang menjadi khas di Pura Uluwatu. Tari kecak merupakan tari tradisional khas Bali. Jadi, kamu bisa melihat pertunjukan tari kecak sebelum pulang. Tari ini dilakukan oleh penari laki-laki. Untuk melihat tarian ini secara langsung, dapat kamu lihat setiap hari pukul 18.00 – 19.00 wita. Kecuali saat nyepi ya. Tak hanya itu, kamu juga akan membayar sebesar Rp. 90.000 per orang sebelum menonton. Cukup terjangkau kan? Tapi kamu harus hati-hati karena akan ada banyak monyet-monyet nakal yang akan mengganggu.

Selain akan ada banyak aktvitas yang dapat kamu lakukan seperti kamu dapat lebih mengenal tentang sejarah yang terdapat di Pura Uluwatu sejak abad ke-11. Selain berpetualang kamu juga dapat belajar tentang sejarah kan?

monyet di pura uluwatu

Tak hanya itu, walaupun monyet disana sedikit nakal, tapi mereka baik kok. Monyet disana tidak akan melukaimu, kamu bisa bermain bersama mereka. Jadi tidak perlu takut. Akan ada pawang juga yang akan menjagamu tetap aman. Cukup berikan sekitar Rp. 10.000 atau Rp. 20.000 untuk rasa terima kasih pada si pawang.

Seru kan? Demikianlah hal menarik di Pura Uluwatu yang dapat kamu lakukan. Tak lupa untuk membawa barang favoritmu seperti kamera atau sunprotect untuk surfing.

Liburan kamu akan menyenangkan di Pura Uluwatu yang tidak kalah indahnya dengan suasana Pantai di Bali. Selamat liburan.

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini