Nomor 3 yang paling susah dihindari nih! Setuju?

Satu tahun ada 52 minggu, 365 hari, 8760 jam dan 52200 menit. Kelihatannya banyak sekali waktu yang bisa kita isi selama satu tahun. Tapi apakah setiap tahunnya kamu sering merasa bahwa waktumu itu kurang sekali untuk melakukan hal yang kamu suka atau mewujudkan mimpimu?

Jangan salah sangka! Waktumu itu sebenarnya banyak sekali. Jika setahun saja kamu sudah tahu ada berapa banyak menit yang akan kamu habiskan, sudah seharusnya kamu mengatur waktumu dengan baik agar lebih produktif dan berhasil mewujudkan mimpimu pada akhirnya.

Karena itu pula ada banyak hal yang sebenarnya membuat kita wasting time atau membuang waktu. Berikut ini 5 hal yang termasuk di dalamnya

1. Gosip alias membicarakan orang lain

1. Gosip alias membicarakan orang lain unsplash.com/benwhitephotography

Berinteraksi dengan teman-teman atau relasi tentu penting sekali dalam hidup kita. Tapi kalau kumpul-kumpul isinya cuma ngomongin orang lain apalagi kalau ngomonginnya soal rumor atau hal yang belum tentu terbukti itu justru sangat membuang waktumu, guys ! Sadar nggak sih kalau setiap kita membicarakan hal buruk kita tidak mendapatkan apapun. Hanya sekedar info yang ternyata bisa saja tidak benar dan tidak ada manfaatnya sama sekali untuk hidup kita. Bahkan kita bisa jadi ikutan kesal tanpa sebab.

Jadi, lebih enak kalau setiap kumpul kita fokus membicarakan hal-hal yang positif, seperti rencana kegiatan sosial yang positif atau membicarakan sosok-sosok yang menginspirasi. Dengan begitu kita akan menjadi lebih bersemangat untuk menjadi pribadi yang produktif.

SPONSOR

2. Begadang tanpa tujuan

2. Begadang tanpa tujuan unsplash.com/5tep5

Begadang jangan begadang... kalau tiada artinya~

Persis seperti lirik yang ada di lagu Bang Rhoma Irama nih, yang namanya begadang itu memang lebih banyak tidak ada gunanya. Waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan mempersiapkan hari esok justru akan terambil untuk hal yang ternyata tidak ada gunanya untuk hidupmu.

Kalau begadangnya memang terpaksa untuk pekerjaan ataupun suatu tugas itu tidak apa-apa, asalkan jangan dijadikan kebiasaan. Karena selain dapat merusak manajemen waktu, begadang juga dapat merusak tubuhmu. Orang yang sering tidur kurang dari 8 atau 7 jam sehari dapat beresiko lebih besar terkena serangan jantung, hipertensi dan obesitas bahkan bisa juga terkena serangan stroke di usia muda. Makanya, akan lebih baik jika kita bisa atur waktu kita dan mengurangi begadang.

3. Stalking media sosial orang lain

3. Stalking media sosial orang lain unsplash.com/rawpixel

Gawai dan media sosial, kini merupakan kebutuhan (hampir) pokok karena sudah banyak orang yang membutuhkannya dan merasa tidak bisa hidup tanpanya. Media sosial kini terkenal dapat mendekatkan yang jauh tapi juga bisa menjauhkan yang dekat. Memang banyak pekerjaan atau tugas-tugas yang kini dengan mudah didapatkan dari gawai dan aplikasi internet lainnya seperti e-mail, Whatsapp, Line, dan lain-lain.

Dalam sehari coba hitung bisa berapa kali kita buka aplikasi Instagram/Facebook/Twitter untuk hanya sekedar melihat postingan orang lain.

Melihat untuk mendapatkan informasi memang bermanfaat, tetapi jika kita melihat media sosial hanya untuk stalking atau melihat kegiatan orang lain yang justru membuat kita semakin iri, kesal dan dendam. Untuk apa? Waktu kita bisa terbuang tanpa hasil.

4. Bermain games yang tidak berfaedah

4. Bermain games yang tidak berfaedah unsplash.com/alex_andrews

Nah kalau untuk yang satu ini memang benar-benar bisa membuat kita lupa waktu deh, guys! Dan yakin banget diantara kalian pasti sudah sering mengalaminya. Game, terutama game online yang awalnya kita yakini bisa menjadi kegiatan refreshing kita setelah bekerja atau belajar justru bisa membuat kita ketagihan dan lupa semua tugas-tugas kita.

Saking asiknya sama permainan ini, pekerjaan yang seharusnya bisa selesai dalam satu jam bisa mundur jadi berjam-jam. Sayang sekali kan waktumu.

5. Bermimpi tanpa action

5. Bermimpi tanpa action unsplash.com/jiangxulei1990

Selalu bermimpi besar. Selalu miliki tujuan dan mimpi yang besar. Tapi jika kita hanya memikirkannya tanpa take an action itu sama dengan nol! Tidak akan ada hasil nyatanya.

Dan inilah yang sering kita lakukan sebagai manusia. Terkadang kita hanya diam lalu mencoba bermimpi akan seperti apa dan akan melakukan apa kita nanti. Kita bisa atur rencana itu hampir seharian tapi di keesokan harinya kita hanya diam saja. Tidak melakukan apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Hal itu benar-benar bisa membuang-buang waktumu yang berharga.

Jadi, gimana nih? Masih mau tetap terperangkap dengan kegiatan yang membuang waktu sia-sia atau segera mengatur waktu dengan baik dan berkomitmen melakukannya?

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini