Lima hal yang jadi pembicaraan di sekitar upacara penutupan Asian Games 2018 termasuk pengibaran bendera Cina dan keputusan Presiden Joko Widodo untuk menonton bersama korban gempa di Lombok.

Asian Games 2018 berakhir dengan rekor prestasi terbaik Indonesia di Asian Games dengan 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu.

Meskipun sempat ada beberapa masalah dalam pelaksanaannya, pada akhirnya Asian Games menuai pujian yang tak sedikit.

Itu hanya satu dari beberapa hal yang jadi perbincangan di hari terakhir sekaligus penutupannya, Minggu (02/09). Berikut lima hal yang banyak dibicarakan.

1. Banjir pujian

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang tak terlupakan.

"Selamat kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang tak terlupakan. Pertandingan-pertandingan itu menjadi saksi penampilan hebat para atlet dan mewujudkan semangat sportivitas yang luar biasa," kata Modi melalui Twitternya.

Kolumnis South China Morning Post menilai dari pelaksanaan Asian Games ini, Jakarta layak jadi kota kandidat Olimpiade. "Meski ada kekhawatiran tentang polusi udara, kemacetan, dan fakta bahwa Indonesia cuma punya waktu tiga tahun untuk persiapan, Jakarta dan Palembang bisa bangga dengan karya mereka," demikian tulisnya dalam artikel ini.

SPONSOR

ANTARA/DHONI SETIAWAN

Hujan tak menyurutkan semangat para penonton upacara penutupan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Langit pun menangis karena sangat sedih, kami harus meninggalkan negaramu yang indah," katanya dalam bahasa inggris.

Dia melanjutkan dengan kata berbahasa Indonesia "Kalian selalu di hati," kata dia saat memberikan sambutan dalam acara penutupan.



Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini