Bagi orang yang gak punya kepentingan sih rahasiamu gak akan berguna. Tapi, kalau sampai diketahui oleh orang yang bisa memanfaatkannya, bisa bahaya lho. Nah, mau tahu hal apa yang seharusnya gak kamu sebar? Yuk, kita simak!

Rahasia adalah hal yang penting. Pastinya kamu gak mau ‘kan kalau rahasiamu sampai bocor. Baik sengaja, maupun gak sengaja. Tapi faktanya banyak lho 

rahasia yang bocor hanya karena gak sengaja. Bagi orang yang gak punya kepentingan sih rahasiamu gak akan berguna. Tapi, kalau sampai diketahui oleh orang yang bisa memanfaatkannya, bisa bahaya lho. Nah, mau tahu hal apa yang seharusnya gak kamu sebar? Yuk, kita simak!

1. Identitas diri

1. Identitas diri Shutterstock/HQuality

Jangan pernah sekali-kali meremehkan identitasmu. Jadi, kamu jangan sampai mengumbar data dirimu ke orang-orang asing, contohnya, alamat rumah, tanggal kelahiran, dan nama orang tua. Sebab, belum tentu orang-orang ini memiliki niat yang baik. Bukannya berburuk sangka, tapi memang kasus pencurian identitas sudah mulai mengkhawatirkan lho.

Nah, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan berhati-hati saat berkenalan dengan orang baru. Apabila ada orang tiba-tiba menanyakan pertanyaan-pertanyaan sepele tapi cenderung personal, sebaiknya jangan dijawab ya, guys.

SPONSOR

2. Data di handphone

2. Data di handphone Unsplash/Freestock.org

Banyak orang yang menganggap remeh dari keamanan handphone. Baik keamanan data sampai keamanan fisiknya. Sebagai pengaman untuk fisik mungkin orang bisa menggunakan case yang anti pecah, anti air, dan sebagainya. Tapi bagaimana dengan keamanan data? Mungkin untuk masalah keamanan handphone ini kamu bisa memasang password atau passkey.

Tapi tahu gak sih, password  saja masih belum cukup lho. Sebab, dengan beberapa percobaan masih ada orang yang mampu membobol data penting di handphone. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memasang protokol untuk penghapusan data setelah sekian banyak percobaan. Jadi, data-data pentingmu gak akan dimanfaatkan oleh orang yang gak bertanggung jawab.

3. Nomor PIN uang elektronik

3. Nomor PIN uang elektronik Shutterstock/Georgejmclittle

Kalau mendengar nomor PIN, yang pertama terlintas di pikiranmu pasti nomor PIN kartu ATM. Padahal nomor PIN sekarang bukan cuma untuk kartu ATM saja lho. Uang elektronik pun juga perlu dipasangi nomor PIN. Contohnya, akun GO-PAY dalam aplikasi GO-JEK.

Jangan salah guys, pada dasarnya GO-PAY ini memang sudah aman. Sebab saldonya hanya terikat pada akunmu saja. Nah, untuk semakin meningkatkan keamanan transaksi dengan GO-PAY, kamu bisa memasang nomor PIN yang caranya pun mudah dan cepat.

Selain nomor PIN, ada juga kode verifikasi GO-PAY yang biasa dikirim via SMS. Jangan pernah kasih kode tersebut ke siapapun termasuk kepada orang yang mengaku dari kantor GO-JEK sekalipun.

Hal ini adalah kunci agar hanya kamu yang memiliki akses ke akun GO-PAY-mu. Jangan lupa ya guys, nomor PIN dan kode verifikasi GO-PAY kamu rahasia lho. Perlakukan layaknya nomor PIN kartu ATM kamu. Jadi, jangan disebarkan ya!

4. Rahasia kantor

4. Rahasia kantor Unsplash/rawpixel

Ketika kamu resign dari pekerjaan lama dan mendaftar ke tempat kerja baru, pastinya harus menjalani proses interview ‘kan? Seringkali para pewawancara ini mengajukan pertanyaan tentang pekerjaan lama kamu. Beberapa pertanyaan yang diajukan akan sedikit menjurus kepada rahasia-rahasia pekerjaan. Nah, sebaiknya kamu berhati-hati, guys. Sebab bisa jadi ini adalah pertanyaan jebakan. Mungkin pertanyaan itu bertujuan untuk menguji integritas kamu. Kalau kamu langsung menjawab tanpa ragu-ragu, lamaran kamu bisa langsung ditolak lho. Pasti gak mau ‘kan?

5. Cerita memalukan keluarga

5. Cerita memalukan keluarga Shutterstock/SvetaZi

Saat lagi ngobrol asik-asik kadang kita gak sengaja menceritakan kisah memalukan keluarga. Mungkin juga kamu gak sengaja menceritakannya saat sedang curhat ke teman. Meskipun sepele, namun cerita memalukan keluarga itu sebenarnya adalah rahasia yang wajib dijaga ketat lho. Baik itu milik orang tua, saudara, suami, ataupun istri. Sebab kita semua memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik dan martabat keluarga. Pastinya kamu juga gak mau kalau aibmu tersebar, ‘kan?

Itu dia lima rahasia yang wajib kamu jaga betul. Jangan sampai lima rahasia di atas gak sengaja kamu bocorkan ya. Sebab kelimanya memiliki konsekuensi yang gak bisa kamu anggap remeh. Jadi, mulai sekarang lebih hati-hati yuk.

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini