Kasus bayi yang menangis di pesawat dan membuat seorang artis berang. Kasus ini pun menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu.
Tak cuma di pesawat, tangisan bayi di kamar tidur atau di rumah pun juga sulit diredakan. Berikut trik redakan tangisan bayi. (Istockphoto/damircudic)

Tak dimungkiri, tangisan bayi memang seringkali susah diredakan. Tak cuma di pesawat, di dalam kamar tidurnya atau di rumah pun tangis bayi seringkali sulit diredam. 

Ibu pun kerap kebingungan meredakan tangisan bayinya sendiri. Mengutip Parents, Ada beberapa cara yang bisa Anda tiru ketika bayi sedang menangis.

Namun cara ini tentunya untuk menghentikan tangisan bayi bukan karena alasan lapar ataupun buang air. 

1. Menggoyangkannya

Cara  pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meletakan bayi menggendong bayi dengan kain atau tangan. Kemudian goyang bayi perlahan. 

Jika bayi sudah memungkinkan untuk digendong tegak, maka Anda bisa variasikan dengan tepukan lembut di punggung dan suara suara 'sshhh' dari mulut Anda.

"Studi mengungkapkan respons tenang akan tercipta di otak bayi ketika mereka digendong atau digoyangkan. Ini akan menyebabkan denyut jantung bayi melambat dan otot jadi lebih rileks," kata Kristie Rivers, seorang dokter anak di Fort Lauderdale. 

Dia mengungkapkan bahwa shooshing akan mengalihkan fokus bayi dari tangisannya.

SPONSOR

2. Ayunan Bayi

Ayunan ini akan memberikan ritme yang dapat menenangkan bayi bahkan membuatnya mengantuk.

3. Nyalakan Musik

Untuk meredakan tangis bayi, nyalakan benda apapun yang dapat mengeluarkan suara atau musik. 

Seperti gerakan, musik memiliki kemampuan untuk menenangkan ketegangan saraf, menurunkan denyut jantung bayi dan pernapasan. Jika tak ada musik, jangan remehkan suara Ada sendiri.

"Bayi lebih mungkin tenang ketika mendengar suara nyanyian ibunya, karena suaranya lebih familiar dan ritmenya menenangkan," kata Rivers.

4. Merekam dan memutar kembali suara tangisan Bayi

Riverse mengungkapkan bahwa bayi terkadang juga merasa tertekan karena berbagai hal, termasuk soal popok yang kotor. 

Namun salah satu cara untuk mengalihkan rasa tertekannya itu adalah dengan memutar kembali suara tangisannya sendiri.

5. Membawanya ke Ruang Gelap

Bayi dapat dengan mudah menjadi terlalu bersemangat dengan semua kebisingan dan lampu di kehidupan sehari-hari. Maka, perlu membawa bayi ke ruang gelap untuk menenangkan mereka karena sebelum lahir mereka terbiasa dengan rahim yang gelap dan tenang.

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah



Kamu mungkin juga suka ini