Gak stres, kerjaan beres

Bekerja selama berjam-jam sepanjang minggu memang bisa melelahkan fisik maupun mental.

Kalau kamu lelah, stres pun lebih rentan menyerang. Nah, supaya kamu tidak mudah stres selama bekerja, coba tips berikut yuk agar kamu bisa melewati hari kerja dengan tetap bersemangat.

1. Ngemil Sehat

1. Ngemil Sehat brainsnacks.com.au

Makanan atau camilan tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga memiliki dampak cukup besar terhadap kepuasan karyawan. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh agensi staf Spherion, 30 persen karyawan yang disurvei mengatakan bahwa ketersediaan camilan sepanjang hari berkontribusi terhadap kebahagiaan saat bekerja.

Jam kerja di kantor terkadang bisa menjadi lebih panjang hingga akhirnya kamu tidak sempat makan siang. Saat lapar, terkadang kita menjadi mudah mengantuk, sulit konsentrasi dan bad mood. Karena itu, ada baiknya kamu selalu menyediakan camilan favoritmu di dalam tas atau meja kerja. Agar tetap sehat, kamu dapat menyediakan buah potong, kacang-kacangan atau yogurt sebagai camilan.

SPONSOR

2. Lakukan hal yang kamu suka saat istirahat

2. Lakukan hal yang kamu suka saat istirahat smallbizbonfire.com

Usai makan siang dan jika kamu masih memiliki waktu luang, kamu dapat me-refresh pikiran dengan melakukan hal yang kamu suka contohnya seperti mendengarkan musik.

Musik dapat meningkatkan mood dan produktivitas saat kamu sedang merasa buruk. Siapkan playlist lagu-lagu kesukaanmu untuk menjaga mood-mu tetap baik sepanjang hari. Selain lagu, kamu juga dapat mendengarkan nature sounds seperti suara deburan ombak, suara hujan atau kicauan burung untuk menenangkan hati dan pikiranmu.

3. Istirahat sejenak

3. Istirahat sejenak learn.compactappliance.com

Saat bekerja, kamu akan lebih mudah merasa marah, jenuh atau emosi. Karena itu ada baiknya jika kamu mengambil waktu rehat sejenak sebelum mengerjakan tugas selanjutnya. Sharon Salzberg, penulis Real Happiness at Work mengatakan bahwa jika kita tidak memiliki waktu untuk rehat di sela jam kerja, kita akan menjadi tidak kreatif, kompeten dan ceria.

Karena itu, ambil waktu sejenak di sela kesibukan untuk membuat kopi atau teh bersama rekan kerja. Saat berkumpul bersama sambil membuat kopi, ajak teman-temanmu untuk ngobrol tentang film terbaru atau rencana liburan nanti. Sebisa mungkin jangan membicarakan soal pekerjaan atau gosip rekan kerja lainnya ya.

4. Stretching

4. Stretching lifehack.org

Banyak dari kita yang tidak memiliki postur duduk yang baik, sehingga saat duduk di depan komputer selama berjam-jam dapat berakibat buruk terhadap tubuh. Mulai dari sakit di bagian bahu, punggung, leher hingga sakit kepala.

Luangkan waktu sedikit untuk meregangkan tangan, bahu dan kakimu. Penelitian menunjukkan bahwa stretching dapat membantu menurunkan rasa sakit di bagian leher dan punggung, juga meningkatkan produktivitas saat bekerja.

Jika tubuh kamu terasa lebih bugar, kamu pasti akan merasa lebih bahagia saat bekerja.

5.Cuci mata

5.Cuci mata thefiscaltimes.com

Khusus buat yang single ya, dari puluhan atau bahkan ratusan rekan kerja pasti ada dong yang jadi idola. Sesekali menyapa atau berpapasan dengannya di sela aktivitas kerja bisa jadi suntikan semangat lho saat kamu sudah mulai lelah.

Berdasarkan survey dari 1,500 pembaca Business Insider, 54% karyawan menyatakan pernah mengalami "situasi romantis" dengan rekan kerja. Senin pagi yang terkadang menyebalkan, malas bangun pagi untuk bekerja, hingga stres saat mengerjakan tugas akan hilang jika ada sesuatu yang menyenangkan untuk kita tunggu-tunggu setiap harinya.

Dengan refreshing sejenak saat bekerja, kamu pasti bisa lebih produktif dan bahagia dalam menjalaninya. Selamat mencoba!

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini