KRI Wiratno-379 tangkap kapal ikan asal Vietnam

Penangkapan ikan ilegal di perairan Indonesia masih terus terjadi. Terbaru, TNI Angkatan Laut melalui Komando Armada (Koarmada) I menangkap kapal ikan asal Vietnam yang melakukan illegal fishing di perairan Natuna.

Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan, penangkapan itu terjadi pada Senin (15/10) lalu. Penangkapan bermula saat KRI Wiratno-379 sedang berpatroli di sekitar Laut Natuna melihat adanya kapal ikan asing yang melakukan penangkapan ikan di wilayah tersebut.

“Hasil identifikasi awal siluet Kapal Ikan Asing (KIA) negara Vietnam sedang melaksanakan penangkapan ikan di dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI),” kata Agung dalam keterangan tertulis, Kamis (18/10).

(Foto:Dok. Dispen Koarmada I)

Agung menambahkan, saat di lokasi anggota kemudian melakukan pengejaran dengan menggunakan sekoci. Setelah berhasil ditangkap kapal berbendera Vietnam tersebut diketahui bernama KG 94810 TS. Kapal dinahkodai oleh Nguyen Van Quoc dan membawa 18 orang anak buah kapal (ABK) Warga Negara Vietnam.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, KIA Vietnam KG 94810 TS diduga melakukan pelanggaran karena melakukan penangkapan ikan tanpa dokumen yang sah pada 2 NM di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI),” kata Agung.

Kapal tersebut kemudian dibawa ke Pangkalan Angkatan Laut Ranai untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini