Game sudah menjadi hiburan wajib bagi masyarakat di era sekarang ini. Bahkan bukan hanya hiburan, bermain game bagi sebagian orang saat ini ialah kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap hari. ada yang kurang rasanya jika melewatkan satu hari tanpa bermain game.

Apalagi saat ini bermain game tidak hanya dimainkan sendiri, melainkan dimainkan berkelompok, bersama teman-teman. Jadi ketika berkumpul bersama teman-teman, salah satu kegiatan yang pasti dilakukan ialah bermain game.

Semenjak meningkatnya jumlah orang yang senang bermain game, jumlah developer pencipta game pun semakin bertambah itu juga yang membuat jumlah game yang ada saat ini sangat banyak terutama pada sistem operasi Android.

Tidak sedikit game yang gagal menarik perhatian masyarakat tapi banyak juga game yang mampu menarik perhatian masyarakat dan menjadi game yang paling populer. Tapi ada game-game yang harus dihindari yaitu game plagiat. Inilah 5 game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan.

5 Game Plagiat yang Tidak Perlu Kamu Coba Mainkan

Membuat game tentu tidak mudah, dan bagi para penciptanya, game buatannya tersebut adalah karya yang susah payah telah diciptakannya. Sama seperti bidang lain misalnya musik, film, buku, dan karya lainnya, tentu membuat game plagiat bukanlah hal yang baik.

Itupun bisa merugikan pihak yang telah bersusah payah membuat game yang asli dari hasil pemikiran dan risetnya yang mungkin saja tidak sebentar. Berikut ini 5 game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan.

SPONSOR

1. Saint Row (Meniru GTA San Andreas)

1. Saint Row (Meniru GTA San Andreas)

Game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan yang pertama ialah Saint Row. Jika kamu perhatikan saat game ini baru dirilis, game ini memiliki konsep yang sama dengan GTA San Andreas yang mempunyai tema gangster. Saint Row, sama seperti GTA, juga memiliki konsep menguasai wilayah.

Akibat kesamaan konsep itulah penjualan game ini tidak bagus di pasaran. Orang-orang lebih memilih dan percaya terhadap GTA San Andreas untuk game bertema gangster.

Belajar dari kegagalan terebut, Saint Row berganti developer yang berpengaruh juga terhadap perubahan konsep. Akhirnya mereka membuat identitas baru yang lebih original dengan memasukkan alien dan senjata-senjata aneh khas Saint Row.

2. Blade (Meniru Dark Souls)

2. Blade (Meniru Dark Souls)

Game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan selanjutnya ialah Blade. Game ini melakukan plagiasi paling memalukan dalam sejarah industri game. Game ini dibuat oleh developer asal Korea Selatan dengan mengincar platform digital.

Ternyata game ini menjiplak habis-habisan salah satu game yang sangat sukses di Asia yaitu Dark Souls. Mulai dari konsep, poster, sampai teaser, semuanya meniru Dark Souls.

Akibatnya, developer Drk Souls membawa kasus ini ke ranah hukum. Developer Blade pun dihukum dengan hukum yang berlaku, dan game Blade sendiri ditarik dari pasaran.

3. Tattoo Assassins (Meniru Mortal Kombat

3. Tattoo Assassins (Meniru Mortal Kombat

Tentu sebagai pecinta game, kamu pasti tahu dengan game Motal Kombat? Game yang sangat sukses ini dirilis pada tahun 1992 dan mampu meraih antusias yang sangat tinggi dari masyarakat saat itu.

Banyak yang memuji game ini karena game fighting ini tidak kaku. Tentu saja demikian, karena game ini dibuat dari orang asli.

Melihat kesuksesan Mortal Kombat, lahirlah game-game yang mencoba meniru game ini. Dari sekian banyak tiruan Mortal Kombat, Tatto Assassins adalah yang paling buruk.

Game ini sangat buruk kualitasnya, mulai dari sound effect yang buruk, visual effect juga buruk, dan gameplay-nya pun sangat tidak enak. Itu sebabnya game ini menjadi salah satu game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan.

4. Mole Kart (Meniru Mario Kart)

4. Mole Kart (Meniru Mario Kart)

Bagi para pecinta Nintendo, tentu pasti tahu dengan salah satu game legendaris, Mario Kart. Memiliki konsep yang menarik meembuat game ini sukses di pasaran. Namun karena kesuksesannya ini, ada yang membuat sebuah game dengan konsep yang sama dan juga elemen yang sama di dalamnya. Judulnya pun hampir sama yaitu Mole Kart.

Walaupun banyak yang tahu bahwa game ini meniru game Mario Kart, namun game ini tetap memiliki penikmatnya sendiri pada platform mobile. Developer pembuat Mole Krt pun membuat sekuel dari game tersebut yaitu Mole Kart 2. Evolution namun dengan tambahan elemen-elemen baru yang sudah memiliki ciri khas ala Mole Kart sendiri.

5. Unearthed Trail of Ibn Battuta (Meniru Uncharted)

5. Unearthed Trail of Ibn Battuta (Meniru Uncharted)

Game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan yang terakhir ialah Unearthed Trail of Ibn Battuta. Game ini meniru salah satu game terbaik buata Naughty Dogs, Uncharted.

Unearthed yang dibuat oleh developer dari Saudi Arabia ini meniru Uncharted mulai dari setting tempat, karakter, senjata, semuanya hampir serupa dengan Uncharted. Namun bedanya game ini terasa sangat kaku karena mungkin developer pembuatnya masih termasuk amatiran.

Itulah 5 game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan. Tentu sangat tidak menyenangkan rasanya ketika karya kita, apapun itu, dicontek oleh pihak lain dan hasil contekannya tersebut dikomersialisasi. Jadi lebih baik kamu tidak pernah mengunduh dan memasang game-game plagiat tadi demi menghargai hasil karya yang asli.

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah



Kamu mungkin juga suka ini