Hai para job seeker di manapun kalian berada. Gimana? Udah dapet panggilan buat wawancara kerja belom? Kalo belom, jangan menyerah untuk mencari ya. Nah, buat kalian yang udah dapet panggilan wawancara kerja, nih penulis ada sedikit tips buat kalian. Kuy simak.

1. Kamu wajib tahu lokasi wawancara kerja

Kamu wajib tahu lokasi wawancara kerja

Gaes, kalian pasti ada deh yang nglamar kerja tapi belum pernah ke kantor tempat kalian bakal kerja, terutama kalo kantornya berada di kota yang berbeda dengan tempat tinggal kalian. Nah, kalo kalian termasuk yang seperti itu, penulis saranin kalian tau dulu minimal alamat tempat kalian bakal wawancara kerja. Lebih bagus lagi kalo kalian udah ke lokasi satu hari sebelum wawancara, biar ga nyasar. Ini penting, hubungannya dengan alokasi waktu.

2. Jangan datang terlambat !

Jangan datang terlambat !

Konon, salah satu hal yang bikin seseorang ga diterima kerja adalah karena dia terlambat datang di lokasi wawancara kerja. Ya kalo wawancaranya waktunya bebas sih ga terlalu masalah, tapi kalo yang diwawancara banyak, sedangkan si pewawancara sibuk ya kalian bakal repot sendiri nantinya. Makanya, buatlah alokasi waktu mulai dari kapan kalian bangun tidur, mandi, sarapan, dll termasuk juga waktu yang dibutuhin buat sampe ke lokasi wawancara kerja.

SPONSOR

3. Pastikan dokumenmu lengkap

Pastikan dokumenmu lengkap

Nah..ini. Jangan lupa cek dokumen yang harus kalian bawa saat wawancara kerja sebelum tidur ya. Satuin di satu map plastik transparan biar kalian bisa langsung tau kalo ada yang kurang, biasanya yang berupa printilan-printilan seperti pas foto, fotokopi KTP, atau lainnya. Besoknya setelah sampe di lokasi baru deh dokumen-dokumen tadi kalian masukkan ke dalam stofmap. Jangan lupa sedia klip ya gaes, minimal yang kecil atau ukuran sedang, jangan staples.

4. Perhatikan penampilan

Perhatikan penampilan

Pepatah jawa berkata “Ajining diri ana ing lati, ajining raga ana ing busana” artinya baik-buruknya kepribadian adanya di lidah (ucapan), baik buruknya raga (tubuh) ada di pakaian (penampilan). Jadi, saat kalian datang wawancara kerja cobalah untuk tampil serapi mungkin, sebersih mungkin, sebagus mungkin. First impression is the key. Walaupun mungkin kalian nglamar di tempat kerja yang orang-orangnya tampil kasual atau mungkin kalian wawancara kerja di kafe, tapi kalian tetep harus tampil rapi saat wawancara kerja ya.

5. Kamu ga boleh bau

Kamu ga boleh bau

Bau di sini dalam arti bau badan dan bau mulut ya gaes. Jadi ada baiknya pas mau wawancara kerja kalian siapin parfum dan permen (saran sih yang semriwing kalo ga permen karet) di dalem tas kalian. Nanti pas udah sampe lokasi kalian bisa ijin pinjam toilet buat semprot parfum, dan jangan lupa juga permennya diemut atau dikunyah paling ga setengah jam sebelum kalian ketemu sang pewawancara.


Nah itu tadi tips sukses wawancara kerja dari penulis. Semoga tips di atas bisa membawa kalian diterima kerja ya. Good luck, people !!

Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini