Fokus terhadap apapun pekerjaan yang kita lakukan akan memberikan hasil terbaik. Namun, membuat pikiran kita hanya tertuju pada satu hal ternyata tidaklah mudah. Berikut ini beberapa tips yang harus kamu pahami untuk melatihmu fokus.

1. Berhentilah Berpikir Bahwa Multi-Tasking Itu Hebat

1.	Berhentilah Berpikir Bahwa Multi-Tasking Itu Hebat Unsplash

Apakah benar multi-tasking membuat kita lebih produktif? Sebagian besar dari kita tentu mengamini anggapan tersebut. Bahkan beberapa orang merasa bangga apabila ia bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Namun, apakah kamu tahu ternyata multi-tasking tak selamanya bekerja dengan baik. Mengapa begitu? Sebab yang banyak terjadi saat multi-tasking adalah kita tak mampu memfokuskan diri pada satu hal yang kita kerjakan sehingga membuat kita ‘biasa-biasa saja’ pada seluruh pekerjaan tersebut. 

Ketika kita melakukan multi-tasking, otak kita akan beradaptasi dengan cepat sehingga membuatnya kehilangan fokus dan cenderung mudah terdistraksi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Timothy Wilsondi Universitas Virginia menghasilkan fakta yang cukup unik,

“Dari 11 juta bit informasi yang diterima oleh otak kita setiap detiknya, hanya 40 yang dapat diproses dengan baik

 Mulai sekarang, berpikirlah untuk menggunakan perhatian kita yang terbatas secara bijak.

Single-tasking atau melakukan satu kegiatan dalam satu waktu membantumu lebih fokus terhadap apa yang sedang kamu lakukan. Metode ini membuat kita fokus pada satu hal dan tidak perlu membagi-bagi waktu, perhatian serta energi kita terhadap banyak hal. Meskipun kebanyakan dari kita belum terlatih melakukan metode ini, namun kamu bisa mulai membiasakannya sekarang! 

Mulailah dengan membiasakan diri fokus pada satu pekerjaan selama lima menit per hari. Lakukan terus-menerus hingga diri kita menjadi terbiasa.

 Break your time wisely. Jangan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan dalam hidup kita. 

2. Jangan Malas Merancang ‘To-Do-List’-mu

2.	Jangan Malas Merancang ‘To-Do-List’-mu Unsplash

Salah satu hal teknis yang sangat membantumu melatih fokus adalah membuat ­to-do-list. Buat rincian pekerjaan yang harus kamu lakukan dan kapan harus kamu selesaikan. Dengan begitu, pikiranmu akan terlatih untuk melakukan apa yang memang harus segera diselesaikan.

Selain itu, tak kalah penting untuk membuat catatan kecil sebagai pengingat sehingga meminimalkan kamu lupa apa saja hal yang perlu secepatnya kamu lakukan. Kamu bisa meletakkan reminder tersebut di tempat-tempat yang sering kamu lihat, seperti pintu kamar tidur, kulkas atau kaca.

 



Penerbit Artikel :



Kirim Artikel

Gimana Reaksi Kamu?

Gimana Pendapat Kamu ?

Kamu akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN .
Silahkan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.



atau Komentari via Facebook dibawah


Komentar via Community




Kamu mungkin juga suka ini